PENARIKAN PRAKTEK KERJA PENGABDIAN MASYARAKAT (PKPM) DI KECAMATAN JATIPURO

   Mahasiswa APEKA sebanyak 60 mahasiswa telah mengikuti Praktek Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) di seluruh desa di kecamatan Jatipuro. Praktek Kerja Pengabdian Masyarakat merupakan bagian dari mata kuliah wajib yang harus diikuti mahasiswa APEKA.  Bobot mata kuliah PKPM sebanyak 4 SKS. Pelaksanaan PKPM selama kurang lebih 1,5 bulan dari tanggal 21 Januari sampai tanggal 28 Februari 2019.  Program Kerja Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa APEKA sebanyak 60 mahasiswa dibagi menjadi 10 kelompok, setiap kelompok sebanyak 6 mahasiswa memegang satu desa. Berikut 10 desa yang telah dilakukan kegitan PKPM mahasiswa APEKA antara lain : Ngepungsari, Jatipuro, Jatisobo, Jatisuko, Jatiroyo, Jatimulyo, Jatiharjo, Jatikuwung, Jatiwarno dan Jatipurwo.

Harapan kegiatan PKPM agar mahasiswa APEKA dapat mengimplementasikan kompetensi yang sudah didapat selama kuliah dan praktek di kampus APEKA dapat dipraktekkan secara langsung kepada masyarakat. Selain itu diharapkan juga agar mahasiswa dapat belajar secara langsung probematika yang dihadapi di masyarakat pedesaan, khususmya dibidang peternakan.

Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat pada PKPM dibagi menjadi tiga kegiatan yaitu penyuluhan, pelatihan dan pelayanan. Penyuluhan yang dilakukan mahasiswa APEKA pada PKPM langsung diikuti pelatihan-pelatihan antara lain pembuatan es krim, pembuatan nugget, pembuatan telur asin, manajemen unggas, IB pada ayam,  penggunakan mesin tetas, pembuatan pupuk organik (cair dan padat), pembuatan jamu ternak, majemen ternak potong, pembuatan pakan alternatif, pembuatan jerami fermentasi, pembuatan silase, pembuatan MOL dan obat cacing. Pelayanan mahasiswa APEKA pada PKPM berupa pemberian dobat cacing, penyemprotan disenfektan, safari kandang, dan kampanye gizi di taman kanak-kanak dan di sekolah dasar.  

 

Sebelum penarikan mahasiswa APEKA menyampaikan laporan PKPM di Desa-desa Kecamatan Jatipuro, yang diwakili oleh Deden Findoardanto. Laporan mengenai seluruh kegiatan yang dilakukan di Desa-desa Kecamatan Jatipuro dan beberapa kendala yang telah terjadi, serta penyelesaiannya. Tercatat sebenayk 176 penyuluhan, 158 pelatihan, 37 aksi gizi, dan 88 safari kandang, dengan jumlah ternak sebagai berikut:  2.104 ekor sapi, 4.426 ekor kambing, 75.278 ekor ayam, 4.381 ekor bebek, 2000 ekor puyuh, 23 ekor dara, 47 ekor mentok, 17 ekor angsa dan 60 ekor kelinci.

Penarikan PKPM diwakilkan oleh Sekretaris Kecamatan Jatipuro, yaitu Ibu Wini Wulandari, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh mahasiswa APEKA yang sudah mengikuti PKPM selama 1,5 bulan penuh, banyak manfaat dan banyak pengalaman yang didapat para warga dan mahasiswa. Ibu Wini Wulandari, S.Sos., M.Si., berharap tahun-tahun berikutnya mahasiswa APEKA bisa kembali melaksanakan PKPM di desa-desa Kecamatan Jatipuro.

Setelah acara penarikan selesai diakhiri dengan foto bersama dan pemberian kenang-kenangan APEKA yang diwakili oleh Direktur APEKA, Ir. Damaryanto Widharto, M.Si kepada perwakilan Kecamatan Jatipuro dan perwakilan Desa Di Kecamatan Jatipuro.

  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *